Meski tidak diwajibkan, tidak banyak ibu hamil yang tetap hendak melaksanakan ibadah puasa. Ibu hamil boleh-boleh saja berpuasa, andai dokte...

Aturan Menjalankan Puasa Aman Saat Hamil Trimester 3

Meski tidak diwajibkan, tidak banyak ibu hamil yang tetap hendak melaksanakan ibadah puasa. Ibu hamil boleh-boleh saja berpuasa, andai dokter mengaku bahwa situasi Anda dan kandungan baik-baik saja, tersebut berarti kita boleh berpuasa. Namun, perhatikan pun usia kehamilan. Lalu, bagaimana puasa ketika hamil trimester 3? Apakah diizinkan atau dilarang? Simak tulisan ini.

Pentingnya menyimak asupan untuk ibu hamil yang berpuasa

Hamil Trimester 3

Kehamilan trimester 3 ialah masa kehamilan antara 7 bulan sampai 9 bulan atau menjelang masa persalinan. Selama 3 bulan terakhir kehamilan, ibu hamil seringkali akan merasakan rasa cemas atau khawatir menghadapi saat-saat mencetuskan nanti.

Ditinjau dari segi medis, ibu hamil boleh berpuasa sebab tidak terdapat masalah bila ibu hamil bermaksud menjalankan ibadah puasa Ramadan. Karena pada prinsipnya keperluan asupan ibu hamil ialah 2.200-2.300 kalori per hari. Selama keperluan tersebut terpenuhi, tidak bakal ada tantangan yang berarti. Meski demikian situasi ini memunculkan konsekuensi yang berbeda-beda untuk para ibu. Ada yang tidak masalah dengan menggeser masa-masa makannya, sarapan menjadi santap sahur, santap siang di masa-masa buka, dan santap malam tidak banyak setelah salat Tarawih.

Namun sebelum menyimpulkan tetap berpuasa, terdapat baiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna meyakinkan situasi kesehatannya. Secara umum situasi ibu hamil sangat ‘fit’ guna berpuasa sesudah kehamilannya masuk minggu ke-16-28 atau umur kandungan 4-7 bulan. Pada masa berikut tubuh ibu telah dapat beradaptasi dengan evolusi hormonal yang terjadi sampai-sampai keluhan sekitar kehamilan bisa diminimalisasi.

Yang perlu diacuhkan ketika puasa ketika hamil trimester 3.

1. Kondisi kesehatan yang terjaga
Setiap pribadi memiliki situasi kesehatan yang bertolak belakang sehingga mungkin salah satu Anda terdapat yang mampu berpuasa di trimester ketiga dan terdapat yang tidak. Kesehatan tubuh ibu hamil jadi pertimbangan yang urgen mengingat untuk sebagian ibu hamil memiliki situasi cepat lemah dan lelah bilamana dipaksakan guna berpuasa.

Hal ini bakal dikhawatirkan memperburuk suasana ibu hamil dan janin. Memasuki bulan kesembilan ibu hamil seringkali didera perasaan was-was menantikan kelahiran buah hati. Jika tidak dipedulikan dalam situasi perut kosong sekitar 14 jam, urusan ini bakal meningkatkan kegelisahan yang tinggi pada ibu hamil.

Jika urusan ini terjadi usahakan Anda tidak boleh memaksakan guna melanjutkan puasa. Rekomendasi puasa ketika hamil trimester tiga, mesti kita dapatkan dari dokter kandungan Anda, untuk tersebut penting berkonsultasi terlebih dahulu mengenai situasi Anda dan calon anak yang terdapat di kandungan.

2. Keseimbangan gizi cocok dengan kebutuhan
Pada masa ini, Anda memerlukan asupan nutrisi yang dapat menyerahkan energi ekstra untuk mempersiapkan persalinan. Jangan sia-siakan masa-masa bersahur dan berbuka Anda.

Penuhi dengan gizi yang seimbang, simaklah kualitas dan pun kualitas menu berbuka dan sahur Anda. Kebutuhan kalori ekstra ibu hamil per harinya ialah 285-300 kkal dari keperluan kalori masing-masing hari sebelum hamil, kalori dalam jumlah yang tidak sedikit dari perempuan hamil normalnya ialah untuk menolong pertumbuhan janin dan plasenta sehingga dapat menambah volume ketuban.

Asupan protein, lemak dalam jumlah yang cocok dan pun vitamin dapat Anda dapatkan dari buah dan sayur. Pada masa ini vitamin B paling dibutuhkan, selain tersebut kebutuhan air mesti tercukupi guna dapat menjaga volume darah yang meningkat sekitar masa kehamilan.

3. Kurangi minuman berisi gula tinggi
Trimester ketiga semakin menciptakan Anda mengalami kendala dalam melakukan kegiatan karena berat badan yang bertambah. Kenaikan berat badan memang umum dilewati oleh kita semasa kehamilan.

Namun, andai berlebih dapat merangsang perkembangan janin sampai-sampai bayi yang bermunculan memiliki keunggulan berat badan, jaga asupan makanan atau minuman ketika berpuasa. Hindari makanan kolak dengan pemanis berlebih atau produksi yang merangsang kegemukan.

0 comments: