Ketika terdapat kotoran atau benda asing yang masuk ke mata, Anda barangkali akan refleks mengucek mata guna mengeluarkannya. Padahal, kelaz...

Begini Cara Membersihkan Mata dengan Benar

Ketika terdapat kotoran atau benda asing yang masuk ke mata, Anda barangkali akan refleks mengucek mata guna mengeluarkannya. Padahal, kelaziman buruk ini malah dapat mengiritasi mata Anda. Bila terus dibiarkan, cara dapat memperparah infeksi pada mata. Lantas, telah tahukah kita bagaimana teknik membersihkan mata yang benar? Simak pembahasan lengkapnya inilah ini.

Cara mencuci mata yang benar tanpa mengiritasi mata

Cara Membersihkan Mata dengan Benar

Setiap kotoran, pasir, debu, dan benda asing lainnya yang masuk ke mata butuh segera dibersihkan. Jika tidak, kotoran itu dapat terus menumpuk dan mengakibatkan iritasi pada mata.

Hampir seluruh orang seringkali memilih jalan pintas dengan mengucek mata. Namun, urusan ini bisa melukai lapisan mata dan mengakibatkan abrasi kornea. Bahkan, kelaziman buruk ini bisa mendorong benda asing masuk lebih dalam ke mata dan terperangkap di dalamnya. Alhasil, ini dapat meningkatkan risiko kehancuran pada permukaan mata.

Maka itu, Anda butuh menerapkan teknik membersihkan mata dengan benar dan aman tanpa mengiritasi mata. Simak urutan metodenya berikut ini.

1. Kenali fenomena infeksi mata
Saking kecilnya kotoran atau benda asing yang masuk, tidak sedikit orang tidak jarang kali tidak menyadari bahwa matanya sedang infeksi. Gejala infeksi mata di antaranya berupa mata merah, gatal, sampai sakit mata.

Setelah itu, coba cek mata kita untuk mengejar benda asing yang masuk. Buka mata kita lebar-lebar dengan pertolongan dua jari, lantas perhatikan lokasi mata kita di depan cermin.

Lihat unsur merah muda pada unsur dalam kelopak bawah Anda. Bila ada kotoran atau bintik kecil, jajaki keluarkan kotoran itu secara perlahan dengan pertolongan kapas basah atau aliran air. Lakukan dengan hati-hati supaya tidak tentang bola mata Anda.

2. Lepaskan lensa kontak
Lensa kontak ialah salah satu penyebab infeksi mata yang sangat sering terjadi, seringkali karena kita tidak memasang lensa kontak dengan benar atau kelamaan gunakan lensa kontak. Di samping itu, pemakaian lensa kontak pun dapat menjebak kotoran yang masuk sampai-sampai memperburuk fenomena infeksi mata.

Nah, sebelum mencuci mata, pastikan kita sudah mencungkil lensa kontak. Namun, pastikan kita sudah membasuh tangan terlebih dahulu supaya tidak mengalihkan kuman dari tangan ke mata Anda.

3. Ambil posisi yang nyaman
Posisikan diri kita senyaman barangkali sebelum mulai mencuci mata. Posisi yang nyaman pun dapat mempermudah aliran air yang tentang mata ketika Anda mencuci mata.

Mulailah dengan memiringkan kepala ke arah bawah atau tidak banyak menunduk. Dengan demikian, aliran air atau larutan pembersih mata bakal segera jatuh sehingga menangkal penyebaran infeksi ke unsur mata yang lainnya.

4. Bersihkan mata dengan teknik membilas
Siapkan wadah atau cawan kecil seukuran mata (gelas sloki) dan isi dengan air bersih atau larutan pembersih mata. Tempelkan cawan kecil itu ke selama mata, kemudian arahkan kepala kita ke belakang. Cara ini akan menciptakan cairan tersebut tentang mata secara langsung dan mulai mencuci permukaan mata secara perlahan.

Saat mencuci mata, kedipkan mata sejumlah kali dan gerakkan mata kita ke arah atas, bawah, dan ke samping. Lakukan teknik ini sekitar 10-15 menit guna meratakan cairan ke semua bola mata.

Terkadang, cairan itu dapat mengalir di wajah dan mengairi pakaian Anda. Maka itu, letakkan handuk di dekat leher untuk menangkal tubuh Anda terpapar tumpahan air.

Setelah berlalu membilas mata, tepuk-tepuk lokasi sekitar mata dengan handuk kering yang bersih. Biasanya, fenomena infeksi mata bakal berkurang sesudah satu hingga dua jam setelah mencuci mata.

Demikian lah cara membersihkan mata dengan benar, semoga bermanfaat.

0 comments: