Dewasa ini, kamar bayi mulai menjadi satu ruang yang sangat penting untuk dipikirkan. Bukan hanya sekedar mengikut tren negara barat, namun...

5 Tips Mengisi Perabotan di Kamar Bayi

Dewasa ini, kamar bayi mulai menjadi satu ruang yang sangat penting untuk dipikirkan. Bukan hanya sekedar mengikut tren negara barat, namun memang ada banyak manfaat yang bisa didapat jika memiliki kamar bayi di rumah. Salah satunya adalah kamar tersebut bisa didekor ulang nantinya jika sang anak sudah mulai tumbuh besar dan membutuhkan privasi tersendiri.

Kamar Bayi

Namun, berbeda dengan dekor kamar orang dewasa, mendekor kamar bayi membutuhkan tips dan triknya tersendiri. Karena akan ada banyak sekali perabotan yang diletakkan di dalamnya, seperti meja ganti hingga bangku menyusui. Bahkan tidak jarang ada orang tua yang merasa kamar bayi mereka terlalu penuh dan sumpek tidak beraturan. Untuk itu, Lamudi akan memberikan tips mendekorasi kamar bayi agar tetap terlihat rapi meski dipenuhi oleh begitu banyak perabotan.

Pemilihan Tempat Tidur Bayi
Banyak orang berpikir, tempat tidur bayi tidak perlu yang berkualitas super, karena bayi hanya tidur di situ paling lama satu tahun. Hal itu tentu saja salah, karena ternyata banyak anak tidur menggunakan crib atau boks bayi mereka selama lebih dari 3 tahun. Selain itu, jika Anda berencana untuk memiliki lebih banyak anak nantinya, boks tidur yang kokoh juga bisa digunakan kembali dan jangan lupa untuk memilih boks dengan warna serta bentuk yang netral. Bila memungkinkan, beli crib yang multifungsi misalnya dapat diubah bentuk menjadi tempat tidur biasa sehingga masih sangat berguna jika anak sudah tidak mau tidur di boks lagi.

Tempat Penyimpanan yang Mumpuni
Anda pasti akan membutuhkan banyak sekali tempat penyimpanan di dalam kamar tidur bayi. Entah itu untuk pakaian, popok, mainan atau yang lainnya. Maka dari itu, dalam pemilihan tempat penyimpanan jangan hanya memikirkan bentuknya yang lucu saja. Anda harus pandai mengira-ngira apakah tempat penyimpanan tersebut cukup untuk menaruh semua keperluan bayi? Jangan buang uang hanya karena tergiur tempat penyimpanan yang cute.

Semua Terjangkau Tangan
Ketika repot mengganti pakaian atau popok bayi, pastikan Anda tidak perlu tambah dibuat repot karena letak penyimpanan pakaian serta popok yang jauh dan tidak terjangkau oleh tangan Anda. Karena selain merepotkan, tentu saja itu sangat berbahaya. Anda pasti tidak ingin bayi Anda jatuh dari meja ganti karena Anda sibuk sendiri mengambil keperluan mereka, bukan? Untuk menghemat biaya, Anda dapat menggunakan bagian atas dari lemari pakaian bayi yang rendah sebagai meja ganti.

Pilih Bahan yang Tepat
Sebisa mungkin hindari pemilihan barang-barang yang menggunakan bahan yang sulit diseka karena akan merepotkan Anda untuk membersihkannya nanti padahal mengurus bayi saja sudah sangat melelahkan. Misalnya untuk bangku menyusui, lebih baik beli yang berwarna gelap atau memakai bahan latex agar ketika nanti ada sesuatu yang tumpah keatasnya, Anda bisa lap dan membersihkannya dengan mudah. Solusi lain, Anda juga boleh memilih bangku menyusui yang memiliki penutup atau cover di atasnya.

Dekorasi yang Cantik
Tidak ada tips khusus untuk mendapatkan dekorasi yang cantik. Ikuti saja personal taste Anda dalam mendekor. Tapi ingat, jangan gunakan benda yang berpotensi membahayakan anak Anda misalnya seperti menaruh pajangan kaca dalam jumlah banyak. Jika bingung, coba kumpulkan referensi dekor kamar bayi dari internet. Selain itu, warna cat juga dapat mempengaruhi kesan tampilan kamar dan mood Anda, jadi cermatlah dalam pemilihan warna.

0 comments: