Heartburn mungkin masih menjadi istilah asing bagi banyak ibu hamil. Padahal kondisi ini seringkali banyak dialami ibu hamil yang mulai mema...

Tips Sederhana dan Aman Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

Heartburn mungkin masih menjadi istilah asing bagi banyak ibu hamil. Padahal kondisi ini seringkali banyak dialami ibu hamil yang mulai memasuki trimester pertamanya. Bagi Anda yang belum tahu, heartburn adalah kondisi ulu hati atau bagian dada ibu hamil merasakan sensasi yang panas. Bagi Anda yang ingin tahu cara mengatasinya, berikut ada beberapa tipsnya.

Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

1. Makan Sedikit tapi Sering
Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan makan sedikit tapi sering. Dalam arti kata lain, Anda makan dalam intensitas yang sering tapi dengan porsi yang terjaga. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya lambung yang kosong dalam waktu lama. Soalnya lambung yang kosong akan meningkatkan risiko naiknya asam lambung dan membuat perut tidak stabil.

Asam lambung yang naik tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab heartburn pada ibu hamil. Selain itu, jangan lupakan juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Anda bisa manfaatkan promo lebaran 2018 untuk bisa mendapatkan produk tersebut dengan potongan harga yang lebih murah.

2. Hindari Makanan Pemicu Heartburn
Jangan lupakan juga untuk selalu menghindari makanan yang mampu menjadi pemicu terjadinya heartburn. Bagi yang belum tahu, makanan yang dapat memicu gejala ini adalah makanan yang berlemak tinggi, berbumbu tajam hingga makanan yang sangat pedas. Jadi bagi Anda yang tergolong masih hamil maka disarankan untuk menghindari makanan tersebut.

3. Hindari Berbaring setelah Makan
Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah berbaring setelah makan. Biasanya mereka melakukan ini karena rasa yang kenyang dan tubuh yang terasa berat. Padahal dengan melakukan ini maka bisa menimbulkan terjadinya heartburn. Bukannya tanpa alasan, soalnya kondisi berbaring setelah makan akan memicu asam lambung naik ke tenggorokan.

Hal tersebutlah yang kemudian menimbulkan sensasi panas di dada atau di tenggorokan. Untuk itulah, hindari berbaring setelah makan bisa dijadikan solusi sederhananya. Anda bisa duduk terlebih dulu atau berjalan sebentar untuk perut memproses makanannya.

4. Makanlah Secara Perlahan
Kondisi dada yang panas pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena begah pada perut yang berlebihan. Untuk kondisi begah berlebihan ini sendiri berhubungan erat dengan kebiasaan makan dan mengunyah yang terlalu cepat. Hal ini akan membuat perut bekerja dua kali lebih berat. Hindari hal tersebut dengan cara makan secara perlahan dan juga mengunyah perlahan.

Setelah kondisi tersebut dapat Anda atasi maka memenuhi perlengkapan bayi bisa dijadikan prioritas sebelumnya. Tenang saja, dengan adanya Orami maka kebutuhan perlengkapan bayi bisa dipenuhi dengan cara mudah dan cepat. Apalagi di bulan ramadan ini, Orami memiliki banyak sekali promo yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendapatkan potongan harga.

0 comments: