Hampir sama seperti Anda yang dulunya tinggal di kompleks perumahan, tentu Anda akan menemukan beberapa peraturan yang ditetapkan sebagai ko...

Peraturan Tinggal di Apartemen yang Penting Diketahui

Hampir sama seperti Anda yang dulunya tinggal di kompleks perumahan, tentu Anda akan menemukan beberapa peraturan yang ditetapkan sebagai konvensi bersama antar penghuni. Aturan seperti jam malam ataupun membawa tamu menginap bahkan biasanya juga berlaku di beberapa kompleks perumahan.

Begitu pula dengan apartemen. Meski mungkin bentuk peraturannya berbeda, namun apartemen juga menerapkan berbagai aturan yang harus ditepati para penghuninya. Bagi Anda yang baru pertama kali sewa apartemen, penting bagi Anda untuk memahami aturan apa saja yang berlaku.

Peraturan Tinggal di Apartemen

Meski antara satu apartemen dan lainnya mungkin akan berbeda peraturan, namun secara umum apartemen akan menerapkan aturan seperti di bawah ini:

1. Perhimpunan Penghuni (PP)
Apartemen umumnya akan memiliki Perhimpunan Penghuni (PP) masing-masing. Fungsi dari PP hampir serupa dengan RT dan RW pada kompleks perumahan yang berperan untuk mengurus kebutuhan bersama penghuni apartemen.

2. Service Charge
Apartemen biasanya memiliki aturan berupa service charge yang akan dibebankan kepada penghuni setiap bulannya. Besaran service charge atau iuran pengelolaan akan ditetapkan dan disetujui lewat PP.

3. Prosedur Renovasi
Renovasi di apartemen tentu memerlukan prosedur khusus mengingat bentuk bangunannya yang berupa ruangan dan dikelilingi oleh tetangga sekitar. Tentu renovasi apartemen tidak bisa sembarangan seperti renovasi rumah di kompleks perumahan. Anda perlu mempertimbangkan masalah pengangkutan material dari luar hingga hubungannya dengan tetangga sebelah unit.

Jika Anda ingin renovasi, Anda harus mengajukan permohonan ke pengelola gedung dengan melampirkan desain lengkap renovasi hingga material apa saja yang dibutuhkan. Anda juga perlu mengecek kontraktor yang diajukan untuk renovasi.

4. Parkir kendaraan
Jika Anda membawa kendaraan pribadi sendiri ke apartemen tidak masalah. Biasanya apartemen akan menyediakan slot khusus parkir bagi para penghuni. Para penghuni kemudian akan mendapat stiker khusus parkir masing-masing.

5. Pengelolaan sampah
Tidak perlu bingung masalah pembuangan sampah. Pengelola apartemen umumnya akan memberikan bin center di setiap lantainya. Anda hanya perlu membuang sampah ke dalam bin center. Kemudian petugas akan mengangkut sampah tersebut ke tempat pembuangan gedung.

0 comments: